Alpukat si Sehat dan Nikmat

Kamis, 03 Februari 2011



Dalam bentuk jus, es campur atau pun untuk creambath, alpukat selalu menarik perhatian. Rasanya yang unik dan baunya yang khas, bikin banyak orang jadi penggemar berat buah yang satu ini. Kenal lebih dekat yuk, sama si alpukat!

Nama buah yang sudah ada di Amerika Tengah dan Selatan selama 10.000 tahun ini, berasal dari bahasa Aztec, ahuacatl, yang berarti “pohon testikel”. Makanya, kemudian orang Aztec mengenal buah ini sebagai buah kesuburan. Di beberapa negara, buah ini sering juga disebut alligator pear (buah pir buaya) karena bentuknya yang seperti buah pir dan tekstur buah dan warnanya yang seperti buaya.
Alpukat, buah dengan kandungan protein paling tinggi, punya banyak manfaat kesehatan lho. Selain mencegah kanker payudara, menurunkan kolesterol, memperkuat jantung, alpukat juga bagus untuk mata kita dan membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.

Alpukat juga dikonsumsi dengan berbagai budaya yang berbeda. Misalnya hanya Vietnam, Filipina, Brazil dan negara kita saja yang mengolah alpukat menjadi jus. Sedangkan di Ghana, alpukat disantap sebagai isi sandwich. Tapi, hidangan alpukat paling terkenal di dunia adalah hidangan Meksiko bernama guacamole, yaitu alpukat yang dihancurkan dan ditambahkan lemon dan garam. Biasanya sih, guacamole ini dipakai sebagai saus untuk dimakan dengan roti atau keripik tortilla.

0 komentar:

Posting Komentar

Pages

Diberdayakan oleh Blogger.